harianmerahputih.com
Olahraga

Turnamen Voli Piala Gubernur Jateng 2024, Cari Bibit Pevoli Unggul Sekaligus Genjot “Sport Tourism”

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana membuka turnamen voli Piala Gubernur Jateng 2024, Sabtu (3/2/2024)

 

MERAHPUTIH I SEMARANG – Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana membuka turnamen voli Piala Gubernur Jateng 2024, Sabtu (3/2/2024). Selain mencari bibit pevoli unggulan, ajang itu menandai ikhtiar Jateng mendongkrak wisata melalui olahraga atau sport tourism.

Turnamen Voli Piala Gubernur Jateng 2024, dihelat di GOR Jatidiri, hingga Selasa (6/2/2024). Sebanyak 47 klub, dari Jateng, Jatim, Jabar, DI Yogyakarta dan DKI Jakarta, memeriahkan laga tersebut.

Nana mengatakan, turnamen itu mengawali ikhtiar Pemprov Jateng menggelorakan sektor sport tourism atau turisme olahraga. Melalui ajang olahraga yang diselenggarakan, diharap mampu mendongkrak sektor wisata juga ekonomi.

“Ini awal dari rangkaian sport tourism. Ada beberapa, di samping bola voli, tahun ini ada ajang tenis lapangan, tenis meja, maraton, sepak bola bulu tangkis dan lainnya. Ini bentuk dukungan Pemprov Jateng mengembangkan sektor ekonomi kreatif, melalui bidang olahraga,” tutur Pj Gubernur.

Ia mengatakan, venue sport tourism Jateng 2024 tidak terbatas di Kota Semarang. Daerah lain, seperti Jepara, Wonosobo, dan Banyumas, juga akan menjadi tuan rumah gelaran sport tourism.

Di samping itu, Nana berharap sektor olahraga bisa menjadi pelepas tensi, menjelang pesta demokrasi 2024. Muaranya, akan tercipta suasana kondusif di Jawa Tengah.

“Harapannya, beri ruang bagi atlet untuk berkompetisi dan berprestasi, serta akan muncul bibit baru, yang akan mengharumkan nama bangsa dan negara,” imbuh Nana.

Senada, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Agung Hariyadi menyebut, ajang itu sebagai kawah candradimuka bagi atlet usia 18 tahun ke bawah. Sekaligus, melatih jam terbang atlet-atlet muda, serta mengasah mental bertanding.

“Sisi lain kita butuh ruang bertanding, untuk usia 18 tahun masih kurang ajang kompetisi. Antusiasme mereka sangat tinggi,” urainya.

Terkait sport tourism di Jateng, Agung mengatakan, ajang olahraga diharap memberi efek ganda. Tidak hanya prestasi, juga soal ekonomi warga sekitar.

Oleh karena itu, pada pembukaan turnamen voli piala Gubernur Jateng 2024, pihaknya juga turut mengundang asosiasi travel agent.

“Ini sekaligus pemantik pemberdayaan UMKM. Seperti penjual jersey, dan ruang UMKM lainnya, yang ada di sekitar arena ini. Juga kepada atlet nanti setelah bertanding bisa punya waktu untuk city tour. Asosiasi travel agent juga bisa memberi guidance, soal kuliner dan tempat wisata di Kota Semarang,” sebut Agung.

Adapun, total hadiah yang diperebutkan dalam turnamen ini mencapai Rp80 juta.

Seorang atlet voli asal Yogyakarta Nazwa mengaku antusias. Menurutnya, ajang tersebut merupakan arena untuk mengasah keterampilannya.

“Di sini latih jam terbang saya  untuk mempunyai pengalaman, yang terberat dari klub Petrokimia. Kalau latihan sebelum ini setiap minggu,” pungkas pemain klub Yogamaya Yogyakarta itu. (red)

Related posts

Menkes Apresiasi RSUD Haji Surabaya yang Sukses Integrasikan Layanan ke SatuSehat

Persis Solo Meraih Kemenangan Manis 3-2 atas Madura United di Debut Pelatih Milomir Seslija

KONI Jatim Award 2023: Apresiasi untuk Insan Olahraga Berprestasi